Jumat, 01 Mei 2015

Lakuin Hal Ini Saat Liburan Habis UN


         Ujian Nasional merupakan momok yang cukup “menakutkan” bagi pelajar SMA maupun SMK, dikarenakan untuk menghadapi hal tersebut menguras banyak pikirian, waktu,  jiwa dan raga. #lebay .  Bagi siswa kelas 3 saat memasuki semester akhir , liburan sudah terlampau jarang dan hampir  “punah”. #makinlebayyy.
        Akan tetapi saat momen momen setelah UN cukup mengharukan dan menyenangkan. Mengharukan karna akan berpisah dengan SHS *Senior High School lifeyang dalam kurun waktu beberapa bulan akan segera berakhir. Dan menyenangkan karena LIBURAN PANJANG CUYYY!!!! Karna euforia yang muncul, aku-pun  bertekad untuk nonton drama Korea sebanyak mungkin, nonton anime ampe subuh, dan bangun disaat waktunya makan siang.
        Memasuki minggu ke-3 pasca UN SMA, sudah kulakukan 3 hal yang ku-impikan sejak ujian sekolah maupun ujian nasional, akan tetapi seiring waktu berjalan rasa JENUH ku rasakan. Hampir setiap hari, aku bangun siang, makan, nonton, tidur,bangun , makan, nonton, tidur. Serasa pengangguran tingkat tinggi, hal tersebut ku ceritakan ke Mama,
                “Ma, aku nih serasa pengangguran, ga ada kerjaan dirumah, bosan”
                “Yaelah elu, pekerjaan tuh banyak, nyapu rumah kek, bersihin gudang kek atau apa kek”
JLEEBBB.. Baru sadar banyak yang bisa dilakuin, cuman terkadang rasa malas yang mengerogoti tubuh menghilangkan hal tersebut. Hehehehee.
Sadar bahwa kegiatan yang kulakuin seminggu ini membosankan, ku segera ambil pen dan buku, membuat “To Do List”, buat agan agan yang memiliki kejadian serupa, sebaiknya membuat daftar “To DO List” agar tidak membuang – buang waktu secara percuma, secara libur ini hampir 3 bulan lebih sebelum masuk ke bangku kuliah.
Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan disaat libur setelah UN :


  1. KERJA. “Emang kerja apaan?” pasti itu sekilas terbesit dipikiran agan, kalau soal kerjaan liat aja di koran, atau amati disepanjang jalan, biasanya ada toko/perusahaan membuka lowongan pekerjaan dan kalau ga ada, tanya aja ke tiap toko, mungkin ada yang membutuhkan karyawan. Kalau kerja kan lumayan dapat uang tambahan pas libur.
  2.    KURSUS. Ikut aja kursus Inggris, kursus mengemudi mobil, atau kursus memasak. Tambah ilmu dan kalau bisa kalian yang buka kursus sendiri
  3.   BELAJAR MEMASAK. Buat kalian khususnya perempuan, kan malu udah gede tapi masak sayur aja ga bisa (kalau aku sih bisa :v), mumpung  libur, aganwati bisa coba memasak maupun buat kue dari yang sederhana ampe yang sulit.
  4. Pergi ke PERPUSTAKAAN DAERAH. Itu saran dari guru ku, luangkanah waktu untuk mengunjungi perpusatakaan daerah, disana banyak buku biografi, majalah hingga novel yang cukup menarik dan mengisi waktu liburan agan.   
  5.  Belajar bahasa asing secara otodidak, hal ini bisa juga masuk dalam antrian “To DO List”, bahasa Jepang, Korea, Thailand, dan Perancis #recommended
  6. TRAVELLING. Travelling ke luar kota maupun keluar negeri, secara backpacker aja kalau budget nya kurang, kalau mimin sih nyaranin ke Singapura, soalnya sana inggrisnya campur bahasa melayu, ada juga beberapa warga Singapur yang bisa bahasa Indonesia, lalu letaknya juga ngak jauh, tingkat kriminalitas agak kurang dan aman. Buktinya aku pernah 2X ke Singapur tanpa guide tour dengan kemampuan Inggris yang pas-pasan *proud *sombong :v. Ataupun ke Kuala Lumpur, Kuching Malaysia.
  7. Bersihin gudang, nyapu rumah ampe satu debu pun gak ada, ngepel, nyuci piring. *sangat di recommended, siapa tau ntar dapat uang jajan tambahan #plakkk.


Itulah 7 hal yang bisa kalian lakuin selama liburan panjang, lakukanlah hal yang berguna maupun produktif disaat waktu luang ada masih ada. Time is Money.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar